Jumat, 26 November 2010

Etika Profesi dalam Organisasi

Keberhasilan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam suatu organisasi selain
ditentukan oleh kualitas pengetahuan dan ketrampilan teknis yang tinggi juga ditentukan oleh perilaku yang terpuji dari setiap anggota organisasi. Untuk itu sangat diperlukan penghayatan terhadap suatu etika yang tercermin pada sikap dan perilaku agar terhindar dari perbuatan tercela dan penyalahgunaan wewenang. Pengetahun, Ketrampilan dan Perilaku (KNOWLEDGE, SKILL,ATTITUDE = KSA) adalah unsur-unsur kompetensi seseorang. Seseorang akan bisa menjalankan tugasnya secara profesional manakala ia memilki secara baik ketiga unsur itu dalam dirinya dan dijalankan secara bersama-sama. Budaya organisasi di lain pihak adalah merupakan tangggung jawab manajemen untuk bisa mengembangkan perilaku organisasi yang mencerminkan etika dari setiap anggotanya. Manajemen harus memberikan tauladan dan kemauan yang kuat untuk membangun suatu budaya yang kuat dalam organisasi yang dipimpinnya. Peranan moral/kepribadian yang baik dari seorang pimpinan dan komitmennya yang kuat sangat mendorong tegaknya suatu etika perilaku dalam suatu organisasi. Membangun lingkungan organisasi yang kondusif.kepedulian positif dari lingkungan kerja sangat diperlukan dalam membangun suatu etika perilaku dan budaya oganisasi yang kuat. Sementara itu rendahnya kepedulian dan moral akan menyuburkan tindakan kecurangan yang pada akhirnya akan merusak bahkan dapat menghancurkan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar